Minggu, 12 Januari 2014

Tips Membangun web forto folio

Saat kita sudah memutuskan untuk terjun menekuni profesi yang sudah menjadi passionkita, dalam hal ini menjadi desainer grafis atau desainer web atau bidang kreatif lain, maka sangat dibutuhkan showcase sebagai tempat kita memamerkan keahlian kepada publik guna mendapatkan calon klien. Web portofolio menjadi pilihan terbaik untuk memajang karya kita diranah online.  Fungsinya untuk meyakinkan klien agar percaya pada keahlian kita melalui visual yang kita tunjukkan.
Namun tentu saja tidak lantas membuat portofolio yang asal jadi.  Karena konsep visual yang kita tunjukkan, maka sebuah web portofolio harus dibuat sebaik mungkin, efektif dan tentu saja benar-benar meyakinkan orang yang melihat dan klien yang potensial bahwa kita memang profesional dibidangnya.
Berikut ini beberapa tips membuat web portofolio professional yang akan meningkatkan brand image kita sebagai seorang pelaku kreatif.

TENTUKAN TUJUAN

Menentukan tujuan diawal akan mengarahkan Anda pada apa yang harus disiapkan dan ditentukan serta apa yang diharapkan setelah orang melihat portofolio Anda.
Membangun Web Portofilo - Tujuan
Beberapa kemungkinan tujuan pembuatan web portofolio antara lain:
  1. Mendapatkan pekerjaan. Portofolio yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan dari klien sehingga portolio harus dibuat berkesan dan meyakinkan.
  2. Menjual karya. Portofolio untuk tujuan komersial. Dimana Anda memajang karya agar orang tertarik untuk membeli produk kreatif yang Anda tawarkan.
  3. Reputasi. Ada beberapa orang yang membuat portofolio hanya sekedar memamerkan karya untuk menaikkan brand dan reputasi dalam industry yang sedang ditekuninya.
  4. Untuk komunikasi.  Portofolio yang dibuat dengan tujuan menemukan koneksi dari orang lain yang terlibat dalam profesi atau industry yang sama.
Anda tentu mempunyai tujuan sendiri yang lebih spesifik sehingga bisa mengarahkan portofio Anda bisa lebih segmented dan pesannya sampai dengan efektif.

KESEDERHANAAN

Keep it simple, stupid! Jargon yang tetap fenomenal dari jaman dahulu kala.  Mengungkapkan betapa simple itu penting. Sederhana disini bukan berarti tidak profesional dan asal-asalan. Justru website yang terlalu kompleks bahkan terkesan semrawut akan membingungkan dan membosankan.  Terlebih jika layout disusun secara acak-acakan akan mengesankan bahwa pekerjaan Anda tidak profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar